Kekuatan Bermain Game Bersama di Tengah Dunia yang Kesepian: Solusi Laura Miele


 

Laura Miele, seorang eksekutif dari Electronic Arts (EA), berbagi pandangannya tentang bagaimana industri game telah bertransformasi dari sekadar hiburan visual menjadi pusat koneksi sosial yang penting di tengah meningkatnya epidemi kesepian global. Miele menekankan bahwa meskipun Kecerdasan Buatan (AI) akan menjadi akselerator eksponensial dalam kreasi dan personalisasi game, koneksi manusia sejati akan menjadi lebih penting dari sebelumnya, dan game adalah medium yang sempurna untuk memfasilitasi hal tersebut.

Miele mencatat bahwa meskipun fidelitas grafis telah berevolusi secara drastis, revolusi sesungguhnya terletak pada aspek sosial dan budaya. Ia mencontohkan kesuksesan luar biasa The Game Awards, yang memiliki penonton jauh melampaui gabungan acara penghargaan bergengsi lainnya, sebagai bukti kuat penerimaan game dalam budaya pop. Dalam konteks masa depan yang didominasi oleh interaksi artifisial, Miele berpendapat bahwa interaksi manusia menjadi semakin penting dan game telah membuktikan kemampuannya untuk menyatukan orang.

Fenomena kesepian yang diakui oleh otoritas kesehatan sebagai epidemi menunjukkan bahwa, meskipun media sosial menciptakan banyak interaksi, banyak orang merasa terisolasi. Miele berbagi kisah pribadinya tentang bagaimana ia dan suaminya menggunakan game World of Warcraft untuk tetap terhubung secara sosial dengan teman dan keluarga selama masa isolasi setelah kelahiran anak kembar mereka. Miele kemudian memperkenalkan konsep "jaringan atomik" (atomic network), yaitu kelompok yang terdiri dari tiga hingga lima teman dekat. Ia meyakini bahwa bermain dengan kelompok inti inilah yang menghasilkan pengalaman sosial yang paling bermakna dan tahan lama.

Studi yang dilakukan menunjukkan bahwa orang yang berkolaborasi dalam game tidak hanya bermain lebih lama, tetapi juga cenderung lebih kooperatif di luar game. Game dianggap sebagai platform sosial yang unggul karena sifatnya yang imersif, aktif, dan menarik. Game memungkinkan pemain untuk menguji kepribadian dan keterampilan mereka—seperti strategi dan kepemimpinan—dalam lingkungan yang aman. Miele menyimpulkan bahwa daripada terus scrolling di media sosial, setiap orang harus mulai mengambil pengendali game, memasuki dunia petualangan dengan jaringan atomik terdekat mereka, sebagai jalan yang disengaja untuk menjaga dan memperkuat koneksi manusia di masa depan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama